» FAQ New Lot Size

FAQ (Frequently Ask Question) 


1. Apakah jumlah saham yang saya miliki berubah dengan adanya perubahan lot size? Perubahan lot size hanya berpengaruh pada mekanisme transaksi bursa. Jumlah saham yang dimiliki investor tidak terpengaruh oleh perubahan lot size.




2. Adakah pengaruh lot size baru terhadap saham odd lot yang ada saat ini?
Perubahan lot size memungkinkan saham yang sebelumnya tidak dapat diperdagangkan di pasar reguler dan tunai karena berjumlah kurang dari lima ratus lembar menjadi dapat diperdagangkan selama masih dalam kelipatan 100.




3. Mengapa pada aturan fraksi harga yang baru hanya ada 3 kelompok harga? Aturan fraksi harga baru merupakan penyederhanaan yang memungkinkan investor untuk memasukkan order secara lebih kompetitif dan efisien.




4. Apakah saya masih bisa memasukkan pesanan dengan menggunakan fraksi harga lama? Fraksi harga baru memungkinkan investor memasukkan order sesuai dengan fraksi harga lama.




5. Di segmen pasar mana saja perubahan fraksi harga dan lot size berlaku? Perubahan fraksi harga dan lot size berlaku di pasar reguler (RG) dan tunai (TN).




6. Pada instrumen apa saja perubahan fraksi harga dan lot size berlaku? Perubahan fraksi harga dan lot size berlaku pada efek bersifat ekuitas yang mencakup saham, Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD), dan waran yang diperdagangkan di bursa. Selain ketiga instrumen tersebut, ETF (Exchange Traded Funds} dan DIRE-KIK (Dana lnvestasi Real Estat-Kontrak lnvestasi Kolektif) juga mengalami perubahan lot size.



7. Bagaimana pengaruh perubahan fraksi harga dan lot size pada parameter auto rejection?Apakah batasan ukuran order dibatasi setelah perubahan lot size ?Parameter auto rejection tidak mengalami perubahan. Namun parameter jumlah saham maksimum yang dapat dimasukkan dalam order mengalami penyesuaian dari 10.000 lot menjadi 50.000 lot sesuai perubahan lot size.



8. Bagaimana kaitan antara perubahan fraksi harga dan prioritas harga-waktu (price-time priority)? Prioritas harga-waktu tetap berlaku, namun fraksi harga dan lot size baru memungkinkan investor untuk memasukkan order yang lebih kompetitif dan efisien.




9. Bagaimana perubahan fraksi harga dan lot size mempengaruhi aktivitas day trading? Day trading tetap dimungkinkan dengan fraksi harga dan lot size baru karena faktor yang mempengaruhi pergerakan saham secara dominan adalah faktor ekonomi makro dan fundamental perusahaan emiten.




10. Apakah yang harus diperhatikan investor untuk mencegah kesalahan dalam memasukkan order dalam fraksi harga dan lot size baru? Investor dapat melakukan pengecekan order sebelum dikirimkan ke JATS-NG.




11. Dengan Lot size baru yang memungkinkan pembelian efek dalam transaksi lebih kecil, apakah fee transaksi terpengaruh? Mengenai kebijakan fee transaksi, investor dapat menghubungi perusahaan sekuritas.




12. Apakah ada pengaruh perubahan fraksi harga dan lot size pada investor reksadana? Perubahan fraksi harga dan lot size tidak berpengaruh pada instrumen reksadana yang tidak diperdagangkan di bursa.