APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

ANAK USAHA ELANG MAHKOTA (EMTK) TUNTASKAN AKUISISI 51% SAHAM CASS

Administrator - 26/04/2024 14:15

IQPlus, (26/4) - Anak usaha PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) yaitu PT Roket Cipta Sentosa (RCS) tuntaskan pengambilalihan PT Cardig Aero Services Tbk (CASS) pada tanggal 25 April 2024.

Titi Maria Rusli Corporate Secretary EMTK dalam keterangan tertulisnya Jumat (26/4) menuturkan bahwa RCS telah menyelesaikan akuisisi 51% saham CASS atau sebanyak 1.064.344.500 saham dengan total harga pembelian sebesar Rp872.762.490.000 dari PT Cardig Asset Management, PT Dinamika Raya Swarna, dan Cemerlang Pte Ltd melalui crossing pada pasar negosiasi Bursa Efek Indonesia.

Lebih lanjut Titi memaparkan Penyelesaian transaksi ini mengakibatkan perubahan atas pengendalian langsung dalam CASS yang kemudian mengakibatkan perubahan pengendalian secara tidak langsung dalam PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (PT JASS).

Dari sisi keuangan transaksi ini berdampak akan mengurangi saldo kas Perseroan sebesar nilai Pembelian Saham ditambah dengan arus kas keluar untuk membeli setiap saham yang dijual dalam penawaran tender wajib PT CASS (sehubungan dengan perubahan pengendalian secara langsung dalam PT CASS) dan penawaran tender wajib PT JASS (sehubungan dengan perubahan pengendalian secara tidak langsung dalam PT JASS).

Sebagai informasi, RCS adalah anak usaha EMTK dengan kepemilikan saham sebesar 99%

"Transaksi ini akan menambah saldo investasi jangka panjang EMTK dalam jumlah tertentu sehingga kondisi keuangan dalam hal ini jumlah aset EMTK tidak mengalami perubahan material sebagai akibat dari penyelesaian Pembelian Saham,"tuturnya.

Titi menambahkan penyelesaian transaksi ini dilaksanakan dengan memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku termasuk regulasi OJK dalam POJK No. 9/POJK.04/2018. 

Filter