APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

UNILEVER INDONESIA BUKUKAN LABA BERSIH Rp4,4 TRILIUN PER SEPTEMBER 2021

Administrator - 22/10/2021 14:06

IQPlus, (22/10) - PT Unilever Indonesia, Tbk. (UNVR) mengumumkan laporan kinerja keuangan untuk tahun berjalan September 2021 (tidak diaudit).

Meski pertumbuhan penjualan domestik melambat sebesar 7,4% pada tahun berjalan September 2021, Perseroan tetap berhasil mencatat penjualan bersih sebesar Rp30 triliun.

Kategori Foods & Refreshment menjadi penopang utama pertumbuhan dengan membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 9,8% di Kuartal III 2021.

Kuartal III 2021 merupakan periode yang masih menantang akibat gelombang II kasus Covid19 dan ditemukannya varian Delta, mengakibatkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah di Indonesia.

Meski menghadapi tantangan periode PPKM pada kuartal III 2021 yang tidak dihadapi pada kuartal sebelumnya, Perseroan tetap mampu menjaga kestabilan nilai penjualan dan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 4,4 triliun.

Ira Noviarti Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan "Pasar FMCG kembali menghadapi tantangan pada kuartal III dengan terjadinya gelombang kedua pandemi di Indonesia yang diikuti dengan pemberlakuan PPKM di sebagian besar wilayah nusantara. Selain itu, kenaikan harga komoditas juga masih berlanjut dan semakin mempengaruhi biaya produk. Berbagai tantangan tersebut mempengaruhi konsumen dalam pemilihan pola konsumsi di berbagai kategori, dan mempengaruhi tingkat pertumbuhan perseroan."

Kenaikan biaya produk dikarenakan kenaikan harga komoditas tidak dapat dibarengi langsung dengan kenaikan harga produk Unilever secara optimal karena mempertimbangkan kondisi masyarakat yang masih memiliki keterbatasan dalam daya beli selama situasi pandemi.

Meski demikian, Ira menegaskan bahwa strategi Perseroan di 2022 dibangun untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut dengan tepat sasaran.

"Sebagai turunan dari strategi jangka panjang 2025, ada lima strategi prioritas Unilever Indonesia di tahun 2022 untuk meningkatan pertumbuhan perseroan yaitu Memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand besar dan produk utama melalui inovasi yang terdepan dan menstimulasi konsumsi konsumen; Memperluas dan memperkaya portfolio ke value dan premium segment; Memperkuat kepemimpinan di channel utama (GT dan Modern Trade) dan channel masa depan (e-Commerce); Memimpin di Digital & Data Driven capabilities; dan Tetap menjadi yang terdepan dalam penerapan bisnis yang berkelanjutan." 

Filter