Indofood Dirikan 3 AnakUsaha Baru Di Bidang Pelayaran

FAC News

Tumbuh 21,3%, Dana Kelolaan AMOR Tembus Rp38,6 Triliun Pada 2020

Administrator - 15/01/2021 13:52

IQPlus, (15/1) - PT. Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) berhasil mencatat dana kelolaan sebesar Rp38,6 triliun pada akhir Desember 2020 (angka belum audit). Angka tersebut meningkat sekitar 21,3% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun tahun 2019.

Presiden Direktur AMOR, Ronaldus Gandahusada menjelaskan, pertumbuhan dana kelolaan sebesar Rp13,4 triliun didorong oleh kenaikan arus dana sebesar Rp7,24 triliun dan kinerja investasi yang positif sebesar Rp6,1 triliun. Investasi pendapatan tetap secara khusus mendapatkan arus dana masuk yang kuat dan menghasilkan kenaikan 80 persen secara kuartalan di dana kelolaan reksa dana pendapatan tetap menjadi Rp12.5 triliun, atau 33 persen dari total dana kelolaan pada Desember 2020.

Pada triwulan II 2020/2021, pemulihan risiko investor terutama terhadap aset negara berkembang, optimisme dari perkembangan vaksin dan reformasi yang positif di perekonomian Indonesia mendorong kinerja di pasar saham maupun pendapatan tetap.

Di tengah keadaan demikian, perseroan membukukan kinerja investasi yang positif dan lebih baik di kedua kelas aset.

Masih pada investasi pendapatan tetap, dengan terjadinya penurunan suku bunga acuan dan suku bunga deposito di perbankan sebesar 150 - 250 basis poin di tiga bulan terakhir sekaligus dengan perbaikan likuiditas di sistem perbankan, telah menguntungkan produk pendapatan tetap, terutama yang memiliki strategi durasi rendah dan durasi yang fleksibel dan menghasilkan kinerja lebih baik dari indeks acuannya.

Kinerja untuk produk saham AAMI juga mengalami hasil yang baik di triwulan ini dengan rata-rata kinerja Reksadana 7.6 persen diatas Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Walaupun 2020 merupakan tahun yang dipenuhi dengan kejadian-kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan adanya pandemik, perbaikan dari sisi ekonomi telah dimulai dan telah menghasilkan posisi dana kelolaan yang mencapai rekor baru untuk Ashmore Indonesia. Kami percaya bahwa ini merupakan bukti dari pendekatan investasi Ashmore yang aktif dan strategi untuk memperluas produk dan distribusi,"katanya dalam siaran pers, Jumat (15/1/2021). 

Filter