APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

TUMBUH 20,7%, Q3/2021 PENJUALAN TRIAS CAPAI Rp2,7 TRILIUN

Administrator - 29/11/2021 09:03

IQPlus, (29/11) - PT Trias Sentosa Tbk . produsen flexible packaging film . berhasil meningkatkan kinerjanya meskipun kondisi market masih dibayangi pandemi covid 19. Bahkan penjualannya hingga September 2021 penjualannya mengalami peningkatan 20,7 persen dari tahun lalu periode yang sama. Tahun depan kapasitas produksi akan ditambah dengan investasi USD 47,5 juta.

Sugeng Kurniawan, Direktur Utama PT Trias Sentosa Tbk, mengatakan, sejak awal tahun hingga September 2021, emiten berkode TRST ini berhasil membukukan penjualan Rp 2,7 triliun. Jumlah tersebut meningkat 20,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 2,21 triliun.

"Penjualan kami hingga September naik 20,7 persen. Tapi laba bruto naik signifikan 51,9 persen dengan nilai Rp 347 miliar," kata Suegng Kurniawan, Jumat (26/11) saat public expose.

Dikatakan, peningkatan penjualan tersebut disebabkan naiknya harga jual produk film packaging. Hal ini inline dengan kenaikan harga bahan baku minyak bumi di pasar global. Tahun ini harga bahan baku mengalami kenaikan 15-20 persen.

Selain itu pihaknya juga berhasil melakukan efisiensi selama masa pandemi. Sehingga margin perseroan juga ikut meningkat. Edisiensi dilakukan terutama pada segi material, energi listrik dan gas. Dia yakin selama pandemi Covid berhasil diatasi, pasar packaging film akan terus tumbuh. Sebab konsumsi per kapita juga akan meningkat.

Hingga saat ini, pasar domestik masih memberikan kontribusi terbesar yakni 53 persen. Sedangkan sisanya berasal dari pasar ekspor yakni 47 persen. Pasar ekspor terbesar ada di Amerika Serikat, Jepang, Australia, negara-negara Asean, China, Taiwan, Timur Tengah hingga Korea Selatan.

"Kami selalu menjaga rasio pasar domestik dan ekspor seimbang. Sehingga kalau ada apa-apa dipasar domestic kami bisa mudah memindahkan ke pasar ekspor," ujar Sugeng.

Tahun 2022, dia yakin pasarnya akan lebih baik. Kalangan industry akan memanfaatkan semester pertama tahun depan menggenjot penjualannya. Karena semua pelaku industry akan mengejar moment lebaran 2022 yan merupakan golden moment.

Sebab itu, pihaknya juga akan meningkatkan kapasitas produksi dengan mendatangkan dua mesin baru yakni mesin produksi Biaxially Oriented PolyPropylene (BOPP) Films yang memiliki kapasitas produksi 30.000 ton per tahun dengan investasi sebesar US$ 40 juta. Dan unit kedua yakni film Cast Polypropylene (CPP) memiliki kapasitas 15.000 ton/tahun dengan investasi US$ 7,5 juta.

"Saat ini utilisasi sudah mencapai 90 persen sehingga kapasitas produksi harus ditambah. Ini Capex multiyear. Site sudah siap. Kami harapkan kedua mesin tersebut akan mulai beroperasi pada kuartal IV tahun 2022," kata Sugeng Kurniawan. 

Filter