Indofood Dirikan 3 AnakUsaha Baru Di Bidang Pelayaran

FAC News

Tetap Prudent, Ciputra Sambut Baik Rencana DP Nol Persen

Administrator - 22/02/2021 10:47

IQPlus, (22/02) - Kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan konsumen untuk membeli properti dengan down payment (DP) nol persen disambut baik Ciputra Group. Meskipun tetap harus prudent, diharapkan kebijakan ini bisa mendongkrak pasar property tahun ini.

Menurut Agung Krisprimandoyo, Direktur PT Ciputra Development Tbk, rencana pemerintah menerapkan DP nol persen untuk semua jenis property diharapkan bisa menggerak pasar property. Karena akan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli.

Namun begitu, pihaknya tetap bersikap berhati-hati. Sebab DP nol persen juga akan memberikan resiko yang tidak ringan yang akan ditanggung developer dan bank. Sebab, kalau sampai terjadi macet ditengah jalan, maka developer terpaksa harus buy-back.

"Kami tetap prudent. Karena resikonya juga besar. Tapi prinsipnya kami menyambut baik rencana DP nol persen," kata Agung Krisprimandoyo, Sabtu (20/2) di Surabaya.

Selain itu, pihaiknya masih menunggu bagaimana respond bank terhadap kebijakan tersebut. Sebab resiko yang ditanggung bank juga cukup besar. Selain plafon kredit yang dikeluarkan lebih besar, juga kalau ada kredit macet setelah proses AJB, resikonya akan ditanggung bank.

Menurutnya, rencana DP nol persen memang disatu sisi memberikan dampak positif untuk menggerakan pasar property. Namun disisi lain meninmbulkan resiko yang besar. Sebab itu bank juga akan lebih selektif untuk memilih konsumen sebelum dinyatakan lolos.

"Kalau pakai DP kan konsumen ada semacam moral hazard karena telah mengeluarkan biaya DP. Kami masih menunggu respond bank," katanya.

Sementara itu, Cholief Choerassjaini, General Manager CitraLand Driyorejo CBD menambahkan, secara umum DP nol persen memang akan berimbas pada membaiknya pasar property. Bukan hanya untuk property segmen middle low saja, namun middle up juga ada imbasnya.

Sebab, dari pengalaman selama ini konsumen yang melakukan pembelian property baik rumah, apartemen maupun ruko menggunakan fasilitas KPR dari perbankan. Sehingga rencana DP nol persen akan semakin menarik buat mereka.

"Sekitar 70 persen lebih pembelian property menggunakan KPR. Kami biasa menggunakan DP mulai 5 persen. DP nol persen membuka peluang yang harus kami manfaatkan," ujar Cholief.

Selain bersikap berhati-hati, pihaknya juga tetap akan mengptimalkan digital marketing untuk mendongkrak penjualannya seperti talksow IG. Selain itu juga mengadakan lomba foto untuk mengexplore pembangunan dan aneka fasilitas di CitraLand Driyorejo CBD.

Selain itu, pihaknya juga aktif mengadakan berbagai lomba dilokasi proyek. Hampir dua bulan sekali diadakan lomba. Tujuannya agar masyarakat semakin tahu progres pembangunan dan berbagai fasilitas yang dikembangkan di perumahan CitraLand Driyorejo CBD.

"Bulan ini kami mengadakan lomba foto interior. Pesertanya cukup banyak dari berbagai kota di Jatim. Ada 460-an foto. Ini bisa menambah konten digital marketing kami," ujarnya.

Marketing Manager CitraLand Driyorejo CBD, Andreas Yosianto, menambahkan, tahun ini market property akan membaik. Hal ini terlihat dari dua bulan pertama cukup bagus. Pihaknya sudah melakukan transaksi beberapa rumah dan ruko.

Pihaknya juga terus melakukan pembangunan kawasan komersia dan rumah. Sehingga konsumen semakin tertarik. Setiap hari calon konsumen yang melakukan walk in ke proyek cukup banyak. Mereka melihat-lihat rumah contoh dan fasilitas yang ada.

"Trendnya terus membaik. Kami ada 6 tipe rumah dengan harga mulai Rp 900-an juta. Kami juga ada program DP 10 persen sekali bayar akan mendapat hadiah emas 50 gram dan ikut undian hadiah sepeda Brompton Maret nanti," kata Andreas Yosianto. 

Filter