APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

PROGRES PROYEK PTPP DI DERMAGA BERLIAN CAPAI 75%

Administrator - 21/10/2021 14:06

IQPlus, (21/10) - PT PP (Persero) Tbk, (PTPP) melakukan kunjungan kerja ke pembangunan Proyek Perkuatan Struktur Dermaga Terminal Berlian yang terletak di Tanjung Perak, Surabaya pada Rabu (20/10).

Proyek ini dilaksanakan sejak November 2019 selama 954 hari kalender yang direncanakan dapat diselesaikan pada Kuartal III tahun 2022 mendatang.

"Kami sangat mengapresiasi bahwa proyek yang dikerjakan oleh PTPP ini memiliki progress yang berjalan dengan baik terutama di masa Pandemi Covid-19 ini, dimana progress proyek tersebut telah terealisasi sebesar 75% atau lebih cepat dari yang direncanakan,. ujar Andi Gani Nena Wea Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen.

Adapun lingkup pekerjaan proyek tersebut antara lain pekerjaan pondasi dan substructure, pekerjaan upperstructure (fender & bollard, capping beam), dan pekerjaan finishing & arsitektur.

Proyek pembangunan Perkuatan Struktur Dermaga Terminal Berlian ini menerapkan berbagai inovasi dan teknologi terkini dalam pembangunananya, seperti implementasi BIM, penggunaan naviswork & microsoft project dimana berfungsi untuk membuat schedule pekerjaan yang nantinya akan menjadi acuan produksi pekerjaan lapangan setiap harinya sehingga target dan realisasi di lapangan dapat berjalan dan dikerjakan sesuai dengan schedule yang dibuat.

Selain itu, pembangunan proyek ini menggunakan metode Lumion dimana dengan menggunakan metode ini menjadikan gambar visualisasi proyek tersebut terlihat lebih nyata dan lebih jelas dalam menggambarkan urutan metode pekerjaan yang nantinya akan menjadi panduan pekerjaan di lapangan.

Sementara itu, beberapa inovasi juga digunakan dalam pembangunan proyek ini, seperti: hanging waller beam berlian, fiber sebagai bekisitng, dan sebagainya.

Dalam pembangunan proyek ini, manajemen proyek senantiasa mengimplementasikan HSE dimana dalam pembangunan proyek tersebut berhasil meraih zero fatality. Selain itu, proyek tersebut juga menerapkan berbagai program pencegahan & mitigasi Covid-19, termasuk aktif dalam menggalakkan vaksinasi para pekerja.

Tidak hanya itu, pembangunan Struktur Dermaga Berlian ini juga senantiasa menjalankan berbagai program CSR kepada masyarakat dan lingkungan sekitar proyek.

Berkat inovasi yang digunakan dalam pembangunannya, proyek Perkuatan Struktur Dermaga Berlian berhasil menyabet 2 (dua) penghargaan dalam ajang PP Awards 2021, yaitu Juara 1 untuk kategori Smart Infratech dan Juara 3 untuk kategori Best Quality & Health Safety Environment (HSE) Implementation.

"Kami mengharapkan proyek strategis tersebut dapat diselesaikan tepat waktu. Selain itu, kami sangat bangga bahwa proyek tersebut banyak menerapkan inovasi-inovasi dalam setiap pelaksanaan proyek sehingga akan berdampak terhadap efisiensi biaya. Selain mengerjakan Dermaga Berlian, PTPP juga telah berpengalaman dalam mengerjakan Dermaga atau Pelabuhan lainnya, seperti Gilimas di Lombok, Pelabuhan Kalibaru di Tanjung Priok, Makassar New Port di Makassar, dsb. Tidak lupa, sebagai perusahaan BUMN yang memiliki komitmen tinggi terhadap kepedulian sosial diharapkan kedepan proyek Dermaga Berlian dapat bekerjasama dengan Polrestabes untuk memberikan bantuan CSR kepada yatim piatu yang terdampak pandemic Covid-19,. tutup Andi Gani Nena Wea.

Filter