APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Ekspansi Jalan Terus, ELPI Bagi Dividen 30 Persen dari Laba 2022

Administrator - 26/05/2023 09:21

EmitenNews.com -PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Hotel JW Marriott Surabaya Jawa Timur, pada 25 Mei 2023. Untuk pertama kalinya sejak ELPI resmi sebagai Perusahaan Go Public yang melantai di bursa pada tengah tahun 2022, dalam hasil putusan RUPST ELPI menetapkan pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 30% yaitu sebesar Rp 30,99 Miliar dari total laba bersih tahun buku 2022 sebesar 103, 07 Miliar. 

"Alhamdulillah pembagian dividen tersebut diatas prosentase dalam prospektus ELPI.” Sapa Wawan Heri Purnomo-Corporate Secretary ELPI.

Kinerja ELPI mendapatkan apresiasi dari investor dimana sejak harga perdana saham ELPI yang baru melantai di bursa 9 bulan silam telah mampu mengalami pertumbuhan harga saham mencapai 32,5% dibanding harga Perdana dari Rp 200 per saham menjadi Rp. 265 per saham.” Sambung Wawan. 

Sampai dengan 31 Desember 2022, ELPI mampu meraih laba bersih sebesar Rp 103,07 miliar dengan pendapatan usaha konsolidasi sebesar Rp 632,83 miliar dimana pendapatan usaha meningkat sebesar 17% dari tahun sebelumnya di angka Rp 540,58 miliar.” jelas Efilya  Kusumadewi-Direktur.

Selain pembagian dividen tunai, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan juga telah menyetujui beberapa agenda rutin lainnya di antaranya adalah pengesahan Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2022, penetapan laba bersih tahun 2022, penetapan Kantor 

Akuntan Publik & Akuntan Publik, penetapan gaji/honorarium anggota Dewan Direksi dan Komisaris serta Laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Saham Perdana 

Perseroan.” Sambung Eka Taniputra-Direktur Utama ELPI dalam keterangan resminya yang diterima EmitenNews.com.

Terkait Rencana Strategis EPI, Eka menjelaskan detail ”ELPI telah menetapkan rencana strategi bisnis untuk jangka pendek dan jangka panjang dari 5 (lima) tahun hingga 10 (sepuluh) tahun.  Perseroan tidak ingin terpaku hanya pada bidang drilling & offshore service, tetapi telah mempunyai target expansi 5 tahun kedepan.

Diantaranya langkahnya adalah  mengembangkan Training & Development, Overseas Shipping Offshore, Bulk & Transhipment, Logistik,  Salvage & Subse  dan Industri Perikanan.

Untuk training & development, Overseas Shipping Offhore,tug & barge telah dapat Perseroan laksanakan dan realisasikan ditahun 2022 serta triwulan pertama di tahun 2023.

”Untuk Overseas Shipping Offshore, ELPI telah melebarkan ekspansi bisnis di kancah internasional yaitu mengakuisisi Kazo Marine Sdn Bhd (Kazo) suatu perusahaan asing di Malaysia sebesar 100% pada awal Januari 2023. Kazo kami proyeksikan menjadi perusahaan entitas anak yang melayani client untuk wilayah luar negeri khususnya Kawasan Asia (South East Asia). Kami telah memperkuat 4 Armada di KAZO yaitu 2 AHTS & 1 kapal PSV dan 1(satu) kapal LCT. Target kita akan total 6 armada yang akan beroperasi di Malaysia dengan dengan tambahan LCT lagi dan Crewboat,” detail Eka.

Melalui anak usaha kedepannya ELPI juga merencanakan pengembangan bisnis pada Bulk & Transhipment, saat ini mengangkut komoditi batu bara, nikel dan mineral dengan jumlah kapal yang bertambah yang semula 5 unit hingga saat ini berdasarkan addendum terakhir 

sebanyak 17 unit. Saat ini telah melakukan pengadaan 5 set tug & barge dan direncanakan akan menambah 10 set di tahun selanjutnya, Eka menambahkan.

Indonesia wajib berbangga, atas Visi ELPI sebagai Indonesian Pride afiliasi ELPI di Perusahaan Galangan PT Orela Shipyard mendapatkan kepercayaan untuk membangun & mendapatkan pesanan pengadaan kapal dari perusahaan Malaysia dimana ceremonial Penandatangan dilaksankakan pada acara Pra Forkapnas yang dihadiri oleh Ketua SKK Migas Dwi Sucipta dan Presiden Indonesian Petroleum Association (IPA) Yuzaini bin Md Yusof. Dan gayung bersambut setelah Malaysia, salah satu perusahaan di Brunei Darussalam menyatakan kesepahaman dan berminat untuk memesan dan membangun kapal di Indonesia juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Kapal pesanan tersebut ditargetkan akan selesai di tahun 2024.” pungkas Wawan mengakhiri Public Expose. 

“Dalam rangka menciptakan pasar baru secara masif, ELPI juga akan melakukan pengembangan bisnis di bidang salvage & subsea dimana rencana Perseroan untuk memiliki Subsea pertama kali di Indonesia yang dimiliki dan berbendera Indonesia serta di awaki oleh Kru Indonesia”

Filter