Kinerja Ciamik, Antam (ANTM) Andalkan Bisnis Emas dan Nikel

FAC News

Anak Usaha TOWR Teken Surat Perubahan Fasilitas Perbankan

Administrator - 25/02/2021 13:47

IQPlus, (25/02) - Anak usaha PT. Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) telah menandatangani surat Perubahan Kelima atas Fasilitas perbankan dengan JP morgan Chase bank pada tanggal 22 Februari 2021.

Menurut keterangan tertulis Irfan Ghozali sekretaris perusahaan menyampaikan bahwa anak usaha TOWR yaitu protelindo, PT. Iforte Solusi Infotek (Iforte) dan PT. Komet Infra Nusantara (KIN) serta JPMorgan Chase bank cabang Jakarta telah menandatangani surat Perubahan Kelima fasilitas perbankan tanpa komitmen dengan jangka waktu hingga 22 Februari 2022 yang merupakan perubahan atas surat penawaran fasilitas perbankan tanggal 20 april 2018.

Selanjutnya sehubungan dengan surat perubahan kelima meliputi fasilitas yang diberikan kepada Protelindo, Iforte dan KIN seluruhnya berjumlah tidak melebihi Rp700 miliar dengan rincian fasilitas pinjaman bergulir dan cerukan/overdraft tidak melebihi Rp700 miliar dan bank garansi tidak melebihi Rp500 miliar tersedia untuk protelindo.

Kemudian untuk KIN fasilitas pinjaman bergulir dan cerukan/overdraft tidak melebihi Rp50 miliar dan untuk Iforte fasilitas pinjaman bergulir dan cerukan/overdraft tidak melebihi Rp500 miliar sebelumnya berjumlah Rp200 miliar. Protelindo, KIN dan Iforte memiliki kewajiban tanggung renteng sehubungan dengan fasilitas ini.

Sebagai informasi protelindo adalah anak usaha TOWR dengan kepemilikan saham sebanyak 99,9997% dan iforte dan KIN adalah anak perusahaan TOWR yang 99,99% sahamnya dimiliki oleh protelindo.

Pertimbangan transaksi dalam surat perubahan kelima ini menggunakan konsep tanggung renteng dikarenakan Protelindo sebagai pemegang saham iforte dan KIN serta dapat bertanggung jawab atas kewajiban Iforte dan KIN sebagai kapasitasnya sebagai anak perusahaan maupun debitur sehingga fasilitas ini dapat digunakan oleh Iforte dan KIN .

Irfan menambahkan "Fasilitas ini untuk mendukung kebutuhan modal kerja dan/atau tujuan umum Protelindo, Iforte dan KIN, secara konsolidasi juga akan berdampak positif bagi TOWR," pungkasnya.

Filter