APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

SAME Incar Dana Rp2 Triliun Dari Rights Issue

Administrator - 17/05/2021 09:46

IQPlus, (17/5) - PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) bakal menggelar aksi korporasi di pasar modal melalui rights issue.

Rencananya dalam aksi korporasi tersebut, pengelola Rumah Sakit OMNI ini akan melepas sebanyak-banyaknya 5.714.285.000 saham baru atau sebanyak-banyaknya sebesar 32,44% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah PUT II dengan nilai nominal Rp20 setiap sahamnya.

Meski belum ditentukan harga pelaksanaan, namun SAME menargetkan perolehan dana dari hasil rights issue maksimal sebesar Rp2 triliun. Adapun pembeli dalam hajatan ini yaitu PT Elang Mahkota Teknologi Tbk.

Adapun dana hasil PUT II, setelah dikurangi seluruh biaya-biaya emisi yang menjadi kewajiban Perseroan, akan digunakan oleh Perseron yakni Sekitar 67,5% untuk melakukan ekspansi dan investasi usaha salah satunya melalui pengambilalihan perusahaan terafiliasi yang terkait dengan kegiatan usaha rumah sakit yaitu PT Elang Medika Corpora (EMC) dari EMTK dengan nilai pengambilalihan sebesar Rp1.350.000.000.000.

Kemudian sebagian hasil PUT II itu juga akan digunakan untuk akuisisi rumah sakit di kemudian hari dalam rangka pengembangan usaha secara inorganik, yang mana hingga Prospektus ini diterbitkan belum ditentukan rumah sakit mana yang akan diambilalih oleh Perseroan.

"Sementara sisanya akan digunakan oleh Perseroan dan/atau Entitas Anak sebagai modal kerja, antara lain namun tidak terbatas untuk pembayaran utang usaha, pembiayaan kegiatan operasional rumah sakit, dan lain-lain. Penggunaan modal kerja Entitas Anak akan diberikan oleh Perseroan melalui pinjaman pemegang saham sementara yang dapat dilunasi sewaktu-waktu sebelum jatuh tempo atau penyertaan modal ke Entitas Anak,"terang Manajemen SAME, melalui prospektus yang diterbitkan, Senin (17/5/2021). 

Filter