Siloam Berencana Beli Kembali Sahamnya. (01/11/2019)

FAC News

Intikeramik Alamasri Industri (IKAI) fokus perkuat jaringan distribusi ritel

Administrator - 03/07/2020 13:57

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Adanya pandemi virus corona tidak membuat PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) urung memperkuat jaringan distribusinya. Buktinya, pada Juni lalu, melalui anak usahanya PT Internusa Keramik Alamasri (INKA), perusahaan umumkan kerjasama dengan Mitra10 untuk menjual merek keramik Essenza. 

Adapun fokus IKAI saat ini juga memperkuat jaringan distribusi ritel lewat outlet modern. 

Direktur Utama IKAI Teuku Johas Raffli menjelaskan, saat ini strategi pemasaran Internusa Keramik akan fokus untuk mendistribusikan produk Essenza ke modern outlet terutama ke kawasan yang masih dalam pembangunan untuk menggarap pangsa pasar yang lebih besar.

"Hal ini kami lakukan untuk memperkuat jaringan distribusi dan kehadiran produk Essenza di pasar domestik," jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (2/7). 

Teuku mengungkapkan untuk saat ini IKAI telah memasarkan produk Essenza melalui kemitraan dengan lebih 300 outlet yang tersebar di seluruh pulau Jawa-Bali. Selain itu pada awal bulan Juni juga sudah mulai mendistribusikan produk Essenza melalui Mitra10 ke empat  outlet modern yang berlokasi si Kota Satelit seperti di Cibubur, Bintaro, Serpong, dan QBig (BSD City). 

Teuku menegaskan untuk saat ini IKAI akan fokus dalam memperkuat jaringan distribusi ritel. Namun tidak menutup kemungkinan untuk ke depannya jika IKAI  mulai menjajaki proyek - proyek korporasi atau konstruksi.

Sebelumnya Direktur Pelaksana INKA Angelica Lie menyampaikan, kolaborasi bersama dengan Mitra10 bertujuan untuk menguatkan bisnis perusahaan. 

"Untuk mencapai hasil optimal bagi kedua belah pihak, sinergi ini akan berlangsung selama periode satu tahun dan Perusahaan mengantisipasi tambahan penjualan sebesar Rp 200 juta - Rp 300 juta untuk setiap outlet per bulan," kata Angelica. 

Setelah memasok ke empat outlet modern, Angelica mengatakan INKA secara bertahap akan memasok ke 8 gerai modern di akhir 2020. Adapun pemilihan gerai disesuaikan dengan strategi Internusa Keramik yang fokus untuk memperkuat saluran distribusi di kawasan sub-urban. 

Filter