APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

BINTANG SAMUDERA MANDIRI (BSML) AKAN GELAR RIGHTS ISSUE 400 JUTA SAHAM

Administrator - 15/03/2024 14:37

IQPlus, (15/3) - PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk. (BSML) berencana untuk melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD I ) atau rights issue.

Dalam keterangan Prospektus ringkasnya BSML Kamis (14/3) Manajemen BSML menuturkan bahwa Perseroan akan menerbitkan sebanyak 400.000.000 saham dengan nilai nominal Rp25 per saham dan akan digelar dalam periode 12 bulan setelah diperoleh persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa.

Manajemen BSML menambahkan pelaksaan rights issue ini akan memperkuat struktur permodalan dan pengembangan usaha Perseroan dimana sebagian hasil dana perolehan akan digunakan untuk membayarkan sebagian kewajiban kepada kreditur (Perbankan) dan sisa dana perolehan sebagian besar akan digunakan untuk menambah aset produktif berupa kapal untuk perseroan dan/atau entitas anak serta modal kerja operasional.

Penambahan modal ini tidak hanya memperkuat struktur permodalan BSML namun juga berkontribusi positif terhadap profitabilitas khususnya melalui efisiensi beban keuangan dan rencana pengembangan berpotensi menambah pendapatan operasional.

Sementara itu pemegang saham yang tidak menggunakan haknya untuk memesan saham baru yang ditawarkan sesuai dengan HMETD yang dimilikinya akan terdilusi sebanyak 17,80%.

"Seluruh dana hasil PMHMETD ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan digunakan oleh Perseroan untuk memperkuat struktur permodalan dengan menurunkan/membayarkan sebagian kewajiban Perseroan kepada kreditur Perbankan dan sebagian besar digunakan untuk menambah aset produktif perseroan serta sisanya akan digunakan untuk modal kerja operasional,"tuturnya.

Untuk melancarkan aksi korporasi ini maka BSML akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 17 April 2024. 

Filter