» Detail News

Rabu, 30 Maret 2016 - 12:08:50 WIB

Posting by : Maruli Manik
Category    : Market News - Reads : 1101



Grup Djarum Beli Menara XL Rp 3,56 T


PT XL Axiata Tbk (EXCL) menetapkan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), sebagai pemenang lelang sebanyak 2.500 unit menara telekomunikasi senilai Rp 3,56 triliun. Hasil penjualan menara kepada Grup Djarum tersebut akan digunakan XL untuk melunasi utang jatuh tempo tahun ini senilai Rp 3,93 triliun.

Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan mengatakan, Protelindo ditetapkan sebagai pemenang, lantaran menawarkan harga pembelian yang terbaik atau paling tinggi di antara penawar lain. Namun, pihaknya mengakui, kondisi penjualan menara tahun ini berbeda dibandingkan penjualan menara perseroan pada 2014.

Tenancy ratio penjualan kali ini sekitar 1,5 kali, lebih rendah dibandingkan saat XL menjual 3.500 menara kepada PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR), yakni 1,67 kali,” kata Adlan di Jakarta, Selasa (29/3).

 

Adlan menegaskan, seluruh pembayaran akan dilakukan secara tunai tanpa komponen lain baik saham maupun pembayaran yang ditangguhkan. Penyelesaia  transaksi ditargetkan rampung pada 30 Juni 2016.

 

Selain perjanjian jual beli aset, XL dan Protelindo juga melakukan perjanjian induk sewa menara. Dari 2.500 menara, XL sepakat untuk menyewa kembali 2.432 menara dari Protelindo untuk jangka waktu 10 tahun. “Sisanya 68 menara tidak akan kami lakukan lease back, karena itu sisa menara Axis. Dan, penyewanya merupakan pihak ketiga,” terang dia.


Sumber : www.beritasatu.com

  Tag :

excl,towr




    Berita Terkait :

  • Usai Jual Menara, Utang EXCL Akan Menyusut
  • Pemegang Saham Setujui Rencana Right Issue XL Axiata
  • TOWR Bidik Ekspansi ke Indonesia Timur
  • Penjualan Menara EXCL Rampung di April
  • Induk XL Axiata di Malaysia Bersiap Akuisisi Operator Nepal