» Detail News

Kamis, 10 Maret 2016 - 15:26:42 WIB

Posting by : Maruli Manik
Category    : Market News - Reads : 891



TOWR Bidik Ekspansi ke Indonesia Timur


PT Sarana Menara Infrastructure Tbk (TOWR) berharap industri telekomunikasi terus tumbuh. Maklum, pertumbuhan kinerja emiten menara ini sejalan dengan sektor telekomunikasi.

Adam Giffari, Wakil Presiden Direktur TOWR, mengatakan, pihaknya siap menggarap pasar Indonesia Timur jika ada permintaan dari provider telekomunikasi. Ekspansi melalui akuisisi atau pembangunan menara baru. Kesiapan ini akan dilakukan bila sudah ada permintaan dari provider telekomunikasi yang juga membutuhkan sarana di sana.

"Ekspansi ke timur kami siap, namun dengan catatan kalau didukung oleh operator. Saat ini kami sudah membangun dari Aceh sampe Papua. Di timur juga bisa membangun lagi, kalau memang ada permintaan," kata Adam, Selasa (8/3).

Perseroan ini mengoperasikan lebih dari 12.000 menara di Indonesia. TOWR juga merupakan salah satu pihak yang tertarik atas menara-menara PT XL Axiata Tbk (EXCL), yang masih dalam proses lelang bersama dengan beberapa emiten menara lain.

Pendapatan TOWR pada kuartal III-2015, hampir seluruhnya berasal dari sewa menara, yang mencapai Rp 3,25 triliun atau 94,3% dari total pendapatan. PT Hutchinson 3 Indonesia menyumbang 39% porsi pendapatan, menyusul PT Telekomunikasi Seluler 20%, dan EXCL 20%.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 September 2015 lalu, TOWR mencatatkan laba bersih sekitar Rp 487,7 miliar. Pencapaian itu menurun 45,2% dibandingkan laba pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp 889,7 miliar.

Pendapatan usaha emiten ini masih tumbuh 6,46% menjadi sekitar Rp 3,27 triliun pada periode yang sama. Adam masih enggan mengungkap besaran dana belanja modal untuk ekspansi tahun ini. "Apabila mencari pendanaan pinjaman, ya, tentu yang bisa membantu perbankan apabila perlu untuk akuisisi menara," kata Adam.

Per September, TOWR memiliki total utang bank dan obligasi Rp 10,39 triliun. Sedangkan total aset TOWR mencapai Rp 17,23 triliun dan ekuitas Rp 5,14 triliun. Selasa (8/3), harga TOWR stagnan di level Rp 4.000 per saham.


Sumber : www.Kontan.co.id

  Tag :

towr




    Berita Terkait :

  • Dua Anak Usaha Sarana Menara Lakukan Transaksi Pinjaman
  • Tiga Perusahaan Tertarik Beli Menara XL