» Detail News

Jumat, 10 Agustus 2018 - 15:05:30 WIB

Posting by : Deny
Category    : Market News - Reads : 195



Bagi IHSG, JK Lebih Baik Ketimbang Ma'ruf Amin


Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,18% hingga siang ini ke level 6.075,85. Walaupun tak banyak, penguatan tersebut sudah mampu menjadikan IHSG sebagai bursa saham terbaik di kawasan Asia.

Pelaku pasar merespon positif penunjukkan Ma'ruf Amin oleh Joko Widodo sebagai pendampingnya dalam menghadapi kontestasi pilpres 2019 mendatang. Dengan menggandeng Ketua MUI tersebut, peluang Jokowi dalam memenangkan pilpres 2019 dianggap semakin lebar.

Namun, taji dari Ma'ruf Amin dalam mendongkrak IHSG tak sebesar Jusuf Kalla. Kala dideklarasikan sebagai calon wakil presiden Jokowi pada 19 Mei 2014 silam, IHSG memang terkoreksi sebesar 0,33%. Namun, koreksi IHSG saat itu lebih disebabkan oleh aksi ambil untung ketimbang investor yang merespon negatif penunjukkan JK. Pasalnya, terhitung sejak 7-16 Mei 2014, IHSG telah melesat sebesar 4,08%. 


Tak seperti Ma'ruf Amin yang secara mengejutkan dipilih untuk mendampingi Jokowi, JK memang sudah santer dikabarkan akan ditunjuk sejak beberapa waktu sebelum deklarasi dilakukan, bersama opsi lainnya yakni Abraham Samad yang kala itu menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Akibatnya, price-in sudah dilakukan terlebih dulu oleh pelaku pasar.

Nama Ma'ruf Amin sebenarnya juga diketahui masuk dalam radar Jokowi, seiring dengan huruf depan namanya yakni 'M' yang dikodekan oleh Jokowi sebagai cawapresnya. Namun, karena ada banyak kandidat lain yang huruf depan namanya juga berawalan 'M', investor menjadi dibuat bingung.

Sampai detik-detik terakhir pun, nama Ma'ruf Amin juga tak dipilih Jokowi. Mantan pengusaha mebel tersebut dikabarkan memilih Mohammad Mahfud Mahmodin alias Mahfud MD sebagai pendampingnya, sebelum secara mengejutkan menggantinya dengan Ma'ruf Amin. Investor jadi belum sempat melakukan price-in atas nama Ketua MUI tersebut. Price-in yang sempat dilakukan adalah untuk nama Mahfud MD.


Sumber : www.CNBC

  Tag :

ihsg




    Berita Terkait :

  • Sesi I IHSG Menguat, Sesi II Cenderung Bervariatif
  • Jokowi Tunjuk Ma'ruf Amin, IHSG Terbaik di Asia
  • BURSA SAHAM 10 AGUSTUS: Jelang Akhir Sesi I, IHSG Menguat 0,66%
  • Capres-Cawapres Daftar ke KPU, IHSG Dibuka Naik 0,32%
  • IHSG hari Ini Akan Disetir Berita Pemilu