» Detail News

Senin, 16 Juli 2018 - 10:40:30 WIB

Posting by : Deny
Category    : Corporate News - Reads : 95



BEI mengerek target IPO tahun depan jadi 35 perusahaan


 Bursa Efek Indonesia (BEI) tampak optimistis menghadapi tahun 2019. Otoritas bursa saham merevisi naik target jumlah perusahaan yang akan menggelar penawaran saham perdana atawa initial public offering (IPO), dari 25 perusahaan menjadi 35 perusahaan pada tahun depan.

"Sebenarnya untuk 25 perusahaan itu target yang paling pesismtis, apalagi kemarin ada tiga perusahaan yang melakukan listing serempak," kata Direktur BEI I Gede Nyoman Yetna, Jumat (13/7).

Keputusan revisi target tersebut dilakukan karena BEI telah melakukan pembicaraan dengan para penjamin emisi. Dalam pipeline mereka, masih terdapat banyak perusahaan yang berniat menjejakkan kaki ke lantai bursa.

Dengan appetite tersebut, Nyoman meyakini bahwa target 35 perusahaan bukan perkara yang sulit. Beberapa cara juga coba dilakukan oleh BEI untuk menjaga keinginan perusahaan melepas saham di bursa. BEI antara lain melakukan pendekatan pada anak-anak usaha BUMN agar mau melepas saham perdananya. 

Sebagai informasi, untuk tahun ini, target jumlah perusahaan yang IPO di BEI bakal terlewati. Sebelumnya, BEI menargetkan ada 35 perusahaan yang IPO. Tapi baru memasuki paruh kedua, sudah ada sekitar 31 perusahaan baru yang tercatat di BEI.

Sementara di pipeline, masih ada sekitar 15 perusahaan yang berniat IPO. Di antaranya Propertindo Mulia Investama baru saja melakukan mini expose.

Muhammad Nafan Aji, analis Binaartha Parama Sekuritas, mengatakan, target yang ditetapkan BEI di 2019 masih masuk akal. Tingkat pertumbuhan ekonomi stabil dan iklim investasi juga menarik. "Kalau perusahaan masih wait and see untuk IPO, kesempatan perusahaan untuk melakukan ekspansi dan restrukturisasi akan hilang," tutur Nafan, Minggu (15/7).

Sumber : www.KONTAN

  Tag :

penawaran-umum-terbatas




    Berita Terkait :

  • MD Entertainment Tawarkan Harga Saham IPO Rp 210/Saham
  • Harga penawaran IPO MD Entertainment Rp 210 per saham
  • 3 Perusahaan Ini Tunda IPO karena IHSG Belum Stabil
  • GarudaFood Pastikan Siap IPO, Target Dana Rp 2,8 T
  • Akan IPO pekan ini, Pollux Properties Indonesia bidik dana Rp 767 milia