» Detail News

Kamis, 12 April 2018 - 08:19:56 WIB

Posting by : Fransiska Lintang
Category    : Economic News - Reads : 119



ADB : Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,3%, Inflasi 3,8% di 2018


Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) memprediksi laju investasi dan konsumsi rumah tangga yang meningkat akan mendongkrak ekonomi Indonesia tumbuh 5,3% di tahun 2018.

Perekonomian diperkirakan akan berada di posisi yang sama di tahun 2019. Meskipun begitu, proyeksi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tercatat 5,1% di tahun 2017.

"Manajemen makroekonomi Indonesia yang kuat dan reformasi struktural telah mendorong momentum investasi," kata Winfried Wicklein, Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia, dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia pada hari Rabu (11/4/2018).


Proyeksi tersebut diulas dalam laporan tahunan Asian Development Outlook 2018 dari ADB. Investasi yang menguat diprediksi akan meningkatkan mutu pertumbuhan. ADB juga menilai pengeluaran modal yang lebih tinggi dari pemerintah akan membantu mengatasi kesenjangan infrastruktur.

Sementara itu, ADB juga memperkirakan lanu investasi akan terus meningkat karena didorong oleh sentimen bisnis yang positif dari reformasi struktural, seiring dengan percepatan sejumlah proyek strategis nasional.

Inflasi diperkirakan akan stabil di tahun 2018 setelah mencapai rata-rata 3,8% tahun lalu. Namun, inflasi akan sedikit naik ke posisi 4% di tahun 2019.

Alhasil, kepercayaan konsumen akan meningkat sehingga dapat membantu pertumbuhan pengeluaran tangga dan pendapatan riil pada tahun ini dan tahun depan.

"Dengan berlanjutnya upaya reformasi, Indonesia dapat mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dan lebih inklusif," kata Wicklein.



Sumber : www.cnbcindonesia.com

  Tag :




    Berita Terkait :

  • Astra Agro Lestari (AALI) Tebar Dividen Tunai Rp470 per Saham
  • Astra Graphia Mencatat Kenaikan Laba Bersih 4,61% di Kuartal I 2018
  • Jasa Marga Membagikan Dividen Rp 440 Miliar
  • Penjualan Sepeda Motor Naik Tipis 3,5%
  • Samudera Indonesia (SMDR) Raup Pendapatan US$430,75 Juta