» Detail News

Kamis, 28 Desember 2017 - 08:38:55 WIB

Posting by : Fransiska Lintang
Category    : Market News - Reads : 554



Waskita Beton Kantongi Pembayaran Rp 4,63 T


PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mendekati akhir tahun 2017 mendapatkan nafas baru. Pasalnya, perusahaan ini telah mendapatkan pembayaran dari proyek-proyek yang sedang digarap. Dengan begitu, arus kas WSBP semakin meningkat menghadapi tahun 2018.

Sepanjang Desember ini, WSBP tercatat mengantongi penerimaan pembayaran dari pelanggan sebesar Rp 1,47 triliun. Sehingga sepanjang tahun 2017, anak usaha Waskita Karya ini telah mendapatkan total penerimaan sebesar Rp 4,63 triliun.

"Angka ini naik 372,7% dibandingkan penerimaan pada akhir tahun 2016 sebesar Rp 978,96 miliar. " kata Ratna Ningrum dalam keterangan resminya, Rabu (27/12).

Dia mengatakan, salah satu proyek yang memberi kontribusi besar terhadap penerimaan WSBP berasal dari proyek turnkey (proyek yang pembayarannya dilakukan setelah pembangunan selesai), yaitu Proyek Tol Becakayu seksi 1b dan 1c.

Dari total tagihan proyek Becakayu sebesar Rp 1,8 triliun, perusahaan telah menerima pembayaran sebesar Rp 429 miliar atau sekitar 24 % dari total tagihan per 21 Desember 2017,

Pembayaran tersebut merupakan porsi ekuitas dari proyek Becakayu yang dibayarkan oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga. Sedangkan sisanya merupakan porsi dari sindikasi perbankan yang masih dalam proses penyelesaian administrasi. "Dana ini diharapkan akan memperbaiki posisi kas dan setara kas WSBP. " ujar Ratna.

Selain itu, penerimaan pembayaran pada bulan Desember 2017 berasal dari beberapa proyek besar, seperti proyek Jalan Tol Solo-Kertosono, proyek Tol Pejagan-Pemalang-Batang, proyek Tol Legundi-Bunder, dan proyek Jalan Tol Bocimi. Kemudian ada juga penerimaan dari sejumlah proyek dengan skala yang lebih kecil lainnya.

Sebagai informasi, Tol Becakayu seksi 1B dan 1C dibangun sepanjang 8,4 km, sedangkan seksi 1A ditargetkan akan rampung pada tahun 2018. Nantinya keseluruhan proyek Jalan Tol Becakayu seksi 1 dan 2 sepanjang 21,04 km ini akan membentang dari Jalan DI Panjaitan, Kasablanka, Jakarta Timur sampai Jalan Raya Ganda Agung, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Per Desember minggu ke-3, WSBP telah mengantongi kontrak baru senilai Rp 9,89 triliun. Hingga akhir tahun ini, perusahaan optimistis mengantongi kontrak anyar sebesar Rp 10,5 triliun.

Sumber : www.kontan.co.id

  Tag :

wsbp




    Berita Terkait :

  • Waskita Beton Bukukan Laba Bersih Rp 825 miliar
  • Waskita Beton sudah Gunakan Capex Rp 912 miliar
  • WSBP: Buyback Tidak Akan Ganggu Ekspansi
  • WSBP Kantongi Fasilitas Kredit dari Dua Bank
  • WSBP Anggarkan Capex Rp 1,9 Triliun untuk Ekspansi