» Detail News

Kamis, 30 Maret 2017 - 10:03:51 WIB

Posting by : Maruli Manik
Category    : Market News - Reads : 729



ITMG Siapkan Belanja Modal US$ 60,3 Juta


PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) menyiapkan belanja modal (capex) sebesar US$ 60,3 juta pada tahun ini. Nilai capex itu meningkat dari tahun lalu, sebesar US$ 22 juta.

Direktur Keuangan ITMG Yulius Gozali mengatakan, belanja modal terbesar yakni US$ 22,2 juta diberikan untuk membangun infrastruktur anak usahanya, PT Trubaindo Caal Mining, termasuk untuk peralatan dan perlengkapan mesin.

Lalu, sisanya diberikan untuk PT Indominco Mandiri sebesar US$ 10,6 juta, PT Bharinto Ekatama sebesar US$ 6,6 juta dan PT Tambang Raya Usaha Tama US$ 20,1 juta. "Kami akan meningkatkan jalan angkut batubara dan memperluas area penumpukan batubara," ujarnya, Rabu (29/3).

Tahun ini, ITMG menargetkan produksi batubara sebesar 25,5 juta ton, stagnan dari tahun lalu yang sebesar 25,6 juta ton. Tambang Kitadin-Embalut dan Jorong yang cadangannya sudah terbatas, tetap akan memproduksi batubara masing-masing sebesar 1,1 juta ton dan 1,2 juta ton.

Sementara itu volume penjualan diprediksi mencapai 27 juta ton. Dari angka itu, sekitar 61% penjualan sudah terkontrak.

Meski produksinya masih stagnan, ITMG menaksir margin laba bersih yang lebih tinggi pada tahun ini. Pasalnya, perseroan masih akan menerapkan strategi efisiensi dan memprediksi harga jual rata-rata (ASP) akan lebih tinggi dari tahun lalu.

Harga jual rata-rata ITMG diproyeksi meningkat di di atas US$ 60 per ton, dari sebelumnya US$ 51 per ton.

Ia menjelaskan, optimasi operasi dan logistik sepanjang tahun lalu berhasil memangkas biaya produksi sehingga mendorong kenaikan pendapatan sebelum bunga dan pajak sebesar 8% menjadi US$ 209 juta dan laba bersih 107% menjadi US$ 131 juta. Margin laba kotor perseroan tercatat sebesar 24%.

Perseroan juga masih mengincar beberapa tambang batubara baru di daerah Kalimantan untuk menambah jumlah cadangan batubaranya.


Sumber : www.kontan.co.id

  Tag :

capital-expenditure,itmg




    Berita Terkait :

  • WSBP Anggarkan Capex Rp 1,9 Triliun untuk Ekspansi
  • ADHI Kerek Naik Belanja Modal 2017
  • LPCK Anggarkan Capex Rp 250 M di 2017
  • ITMG Kejar Kontribusi Bisnis Setrum 30%
  • Grup Astra Menyiapkan Belanja Rp 20 Triliun