» Detail News

Senin, 06 Februari 2017 - 09:50:03 WIB

Posting by : Maruli Manik
Category    : Corporate News - Reads : 1000



Produsen Air Minum Cleo Segera Melantai di BEI


PT Sariguna Primatirta tengah memantapkan langkah untuk menginjakkan kaki di bursa saham. Perusahaan ini bersiap menggelar initial public offering (IPO) dengan melepas sekitar 500 juta saham Maret mendatang.

"Underwriter-nya Lautandhana. Akan ada 22% yang dilepas ke publik," kata Samsul Hidayat, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia, Jumat (3/2). Perusahaan produsen air minum ini bakal melakukan IPO dengan menggunakan buku per 31 Oktober 2016.

Perusahaan air minum dalam kemasan yang dikenal dengan merek Cleo ini melakukan IPO demi memperluas usaha. Sariguna telah melakukan mini expose di BEI, Jumat (3/2) lalu.

Alfred Nainggolan, Kepala Riset Koneksi Kapital, menyebut, sudah ada beberapa produsen air minum mencatatkan saham di bursa. Tetapi rata-rata saham emiten tersebut tidak likuid. Jadi pelaku pasar harus memperhatikan hal tersebut.

Selain itu, persaingan di bisnis air minum saat ini terbilang ketat. "Hampir semua grup ikut bermain, bahkan Indomaret juga punya," kata Alfred, Jumat (3/2). Karena itu, investor perlu memperhatikan prospek bisnisnya.

Pasar sangat berharap banyaknya informasi dari sektor ini untuk menumbuhkan sense of belonging terhadap saham si emiten. Oleh sebab itu, Alfred menuturkan, emiten tersebut harus rajin menyampaikan informasi ke pasar.

Jhon Veter, Direktur Utama Investa Stellar Dana Kelola, bilang, pasar perusahaan air minum di Indonesia relatif sudah berkembang dan mature, sehingga pertumbuhannya tidak lagi signifikan. Meski demikian, sektor ini cenderung lebih konsisten karena bisa menaikkan harga tanpa ada penurunan volume penjualan dan relatif lebih defensif.

"Investor-investor yang hanya mengejar dividen atau yang ingin lebih stabil portofolionya bisa memilih perusahaan-perusahaan ini," kata Jhon kepada KONTAN, Sabtu (4/2) lalu.


Sumber : www.kontan.co.id

  Tag :

bei,ipo




    Berita Terkait :

  • BEI Suspensi Perdagangan Saham Sekar Laut
  • Maspion Berencana IPO US$ 200 Juta
  • Produsen Cat Avian Akan Masuk Bursa Saham
  • Tiga Emiten Saham Masuk Daftar Baru Efek Margin
  • Dua Anak Usaha BUMN Ini Disiapkan IPO di 2017