» Detail News

Selasa, 03 Desember 2019 - 11:16:02 WIB

Posting by : DEA
Category    : Corporate News - Reads : 14



Bidik Penjualan Naik 40%, Ini Rencana Asia Sejahtera Mina (AGAR)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pengolahan rumput laut kering olahan PT Asia Sejahtera Mina Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (2/12). Perusahaan ini meraup dana segar Rp 27,5 miliar dari perhelatan initial public offering (IPO) ini. Perusahaan penyedia bahan baku agar-agar dan karagen ini akan menggunakan 77,2% dana IPO untuk modal kerja, seperti menambah persediaan, menambah piutang dan deposit. Deposit diperlukan mengingat sebagian besar penjualan AGAR adalah ekspor, yang rawan terpengaruh fluktuasi mata uang asing.

AGAR optimistis penjualan naik mengingat permintaan rumput laut cukup tinggi. "Dengan IPO, harapan kami volume penjualan tahun depan akan meningkat sekitar 40%," kata Direktur Umum AGAR, Indra Widyadharma di BEI, kemarin. Sekitar 97% permintaan rumput berasal dari China. Sisanya berasal dari Spanyol dan Cile. Indra menjelaskan, utilisasi pabrik AGAR baru sebesar 50%. Perusahaan ini baru mampu memenuhi sekitar 2.000 ton permintaan rumput laut per bulan. Padahal, permintaan bisa mencapai 7.000 ton-8.000 ton saban bulan.

Untuk meningkatkan volume penjualan, AGAR akan meningkatkan utilisasi menjadi 70% atau sekitar 2.800 ton per bulan, mulai tahun depan. Apalagi, AGAR juga sudah menyelesaikan pembangunan satu gudang penyimpanan dan pengeringan di Sulawesi Selatan. Dengan demikian, AGAR memiliki empat unit gudang penampungan di Sulsel dan dua unit di Surabaya.

Tahun ini, AGAR juga mengincar pertumbuhan pendapatan dan laba bersih 40%. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan ini akan lebih banyak menjalin kerjasama dengan koperasi maupun petani rumput laut di Indonesia. Adapun hingga akhir 2019, AGAR membidik pendapatan sekitar Rp 300 miliar, dan laba bersih sekitar Rp 3,5 miliar. Indra optimistis target tercapai, sebab hingga akhir September, AGAR sudah mengantongi pendapatan Rp 260 miliar dan laba Rp 1,9 miliar. Pada perdagangan perdana kemarin, harga saham AGAR langsung mentok ke batas auto reject atas, setelah naik 70% ke Rp 187 per saham.

Sumber : www.Kontan

  Tag :




    Berita Terkait :

  • ANTM Jajaki Utang Bank
  • Nilai Divestasi MDIA Bisa Capai Rp 1,75 Triliun
  • KAEF Mulai Bangun Pabrik Bahan Baku
  • PBRX Catatkan Kenaikan Laba 172%
  • BI Mulai Mengintervensi Rupiah