» FAQ FAST


1. Apakah FAST (First Asia Smart Trading)? adalah sistem perdagangan saham yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi jual beli saham secara mandiri yang terintegrasi dengan sistem Front Office dan Back Office secara real time. Keunggulan FAST yaitu dapat diakses oleh nasabah dimanapun dan kapan saja karena memiliki 3 basis aplikasi yang saling terintegrasi yaitu program desktop yang bisa di install di komputer manapun, aplikasi web hanya perlu menggunakan browser yang telah tersedia di komputer, dan aplikasi mobile menggunakan smart-phone dan tablet PC

2. Bagaimana melakukan registrasi/pendaftaran? Anda dapat memilih menu “Open Account” pada website kami kemudian mengikuti prosedur yang akan dijelaskan setelah anda melakukan pengisian application form yang tersedia. Anda juga dapat menghubungi Customer Service Representative kami di (021) 727 99 888 untuk keterangan lebih lanjut.

3. Bagaimana cara melakukan reset Pass/PIN? Anda dapat menghubungi Customer Service representative kami di (021) 727 99 888 yang akan melayani Reset pass/PIN Anda. Customer Service nantinya akan mengirimkan pass/PIN baru ke email Anda yang kemudian dapat diganti oleh Anda demi keamanan Anda.

4. Bagaimanakah cara menarik atau menambah dana/saham saya? Anda hanya perlu mengisi formulir penarikan dana/saham.

5. Apakah saya dapat tetap bertransaksi apabila terjadi gangguan koneksi internet? Apabila terjadi masalah dengan gangguan internet, maka Anda dapat menghubungi Customer Service kami di nomor telepon 021-727 99 888 untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah yang dialami.

6. Bagaimana apabila FAST mengalami gangguan? Apabila terjadi gangguan dengan FAST, maka kami akan segera umumkan di halaman Home Website, notifikasi melalui aplikasi FAST, dan pemberitahuan melalui e-mail. Dan untuk bantuan penanganan pesanan, baik pesanan yang tertunda maupun pesanan yang sudah masuk ke sistem kami, Anda dapat menghubungi ruang dealing kami di 021-7201009.

7. Bagaimanakah cara melakukan order melalui FAST? Setelah log in di aplikasi FAST, pilih menu order. Disini Anda akan diminta untuk mengisi PIN sebagai validasi atas keabsahan data dan untuk menghindari penyalahgunaan rekening Anda. Anda tinggal memasukkan kode saham, harga dan volume yang Anda inginkan. Order yang telah dimasukkan akan ditampilkan dalam window ORDER LIST.

8. Bagaimana cara saya merubah (amend)/membatalkan (withdraw) order? Untuk merubah ataupun membatalkan order yang telah dimasukkan ke dalam sistem, silahkan masuk ke menu window order list. Pilih order yang ingin di ubah ataupun di batalkan pada dan eksekusi pilihan sesuai dengan pilihan Anda. Catatan untuk amend order:


1. Amend order hanya bisa dilakukan untuk mengurangi volume dan mengganti harga (naik dan turun).



2. Apabila ingin menambah volume, silahkan Anda memasukkan order baru untuk order tersebut.



3. Apabila Anda ingin mengubah volume order, sedangkan telah terjadi sebagian transaksi untuk order tersebut, Anda hanya perlu mengganti volume order sesuai dengan keinginan Anda. Perlu diketahui semua order yang telah terjadi di pasar tidak bisa dibatalkan.



Contoh:



Apabila Anda memasukkan pesanan beli saham BUMI di harga 3600 sebanyak 500 lot (250.000 lembar). Tetapi kemudian Anda ingin mengurangi order tersebut menjadi sebanyak 200 lot (100.000 lembar) sedangkan di pasar order tersebut telah ada kejadian sebanyak 40 lot (20.000 lembar). Yang harus Anda lakukan adalah mengisi form perubahan order (amend) dikolom bagian volume dari yang semula 500 lot menjadi 200 lot. Volume otomatis akan berubah menjadi 200 lot, dimana 40 lot telah kejadian dan 160 lot masih tetap terbuka.


9. Order reject (Order di tolak oleh sistem):


Apabila ada kejadian order Anda di reject oleh sistem, perhatikan dan periksa kembali hal-hal berikut:



1. Untuk Order Jual



-  Perhatikan bahwa harga yang Anda masukkan sesuai dengan ketentuan fraksi harga yang telah diatur oleh bursa.



2. Untuk Order Beli



-  Perhatikan bahwa harga yang Anda masukkan sesuai dengan ketentuan fraksi harga yang telah diatur oleh bursa.



-  Perhatikan bahwa volume order yang Anda masukkan sesuai dengan pembatasan maksimum volume order.




10. Bagaimanakah bentuk laporan yang akan saya terima? Bentuk laporan atas transaksi yang sudah anda lakukan dengan menggunakan aplikasi FAST dapat dilihat langsung pada menu “portfolio”. Transaksi yang dilakukan dalam satu hari dapat dilihat di halaman Order Status. Anda akan mendapatkan konfirmasi transaksi (trade confirmation) jual dan/atau beli via email sebagai bukti transaksi dan laporan bulanan (Statement of Account) setiap akhir bulan yang dikirimkan via email.